Inilah Gaji SPG di Pameran Otomotif Indonesia

Inilah Gaji SPG di Pameran Otomotif Indonesia – Pameran otomotif seperti Indonesia International Motor Show tidak hanya menjadi ajang unjuk gigi para pabrikan mobil atau motor saja, tapi juga menjadi lowongan kerja yang menarik, khususnya bagi para wanita.

Pasalnya di ajang tahunan ini, Sales Promotion Girl atau SPG nya diganjar pendapatan yang  menggiurkan. Meskipun besarannya tidak sama.

Perbedaan upah ini sudah dimaklumi oleh masing-masing SPG dan jadi hal biasa. Pada pameran otomotif, biasanya ada tiga kategori SPG, untuk mobil, sepeda motor dan yang sering ditemui yaitu rokok.

Berikut info gaji di tiap kategori tersebut.

Inilah Gaji SPG di Pameran Otomotif Indonesia

Gaji SPG di Pameran Otomotif Indonesia


Gaji SPG Mobil


Wanita yang menjeng di booth mobil, biasanya mengantongi upah di kisaran Rp 550.000 sampai Rp 1,3 juta untuk satu shift-nya. Rata-rata mereka berdiri di booth hanya sekitar 4 jam saja.

Toyota dan Honda tercatat memberikan upah paling tinggi. Kedua merek ini rata-rata memberi bayaran di kisaran Rp 900.000 sampai Rp 1,3 juta.


Gaji SPG Motor


Upah yang diberikan pada booth ini tidak jauh bebeda dengan mobil. Bayaran paling rendah yaitu yang diberikan oleh Yamaha, sekitar Rp 400.000 untuk satu shift-nya.

Sementara untuk Honda Big Bike dan Ducati, disebut-sebut memberikan upah hampir setara dengan SPG mobil, mencapai Rp 950.000. Kalau di kalkulasi selama sepuluh hari bekerja, pendapatan mereka hampir Rp 10 juta.


Gaji SPG Rokok


Untuk SPG yang satu ini, punya upah di kisaran harga Rp 700.000 sampai Rp 850.000. Namun, jika dilihat dari jam kerja dan konten pekerjaan, cukup jauh berbeda dengan yang ada di booth mobil dan sepeda motor.

Jika SPG mobil dan sepeda motor punya jam kerja maksimal 5 jam, kalau rokok harus bekerja selama 8 jam (normal jam kerja). Lebih dari itu mereka juga dituntut untuk berjualan, tidak hanya mejeng. Sesekali di dalam ruangan ber-AC, namun hampir sering ada di luar ruangan bergelut dengan matahari. 

Related Posts