Beragam Cara untuk Mengecek Saldo BPJS Ketenagakerjaan

Beragam Cara untuk Mengecek Saldo BPJS Ketenagakerjaan - Penyelenggaraan program jaminan sosial merupakan salah satu tangung jawab dan kewajiban Negara untuk memberikan perlindungan sosial ekonomi kepada masyarakat. Hampir seluruh pegawai telah terdaftar sebagai peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan.

Berbagai informasi terbaru tekait BPJS Ketenagakerjaan telah dapat dinikmati secara online. Informasi terbaru program BPJS, kantor cabang BPJS, program Jaminan Hari Tua (JHT), program JKM (Jaminan Kesehatan Masyarakat), serta informasi seputar BPJS lainnya telah hadir dalam website resmi BPJS.

Berbagai kemudahan diberikan seperti cek saldo BPJS Ketenagakerjaan secara online atau via SMS. Dikutip dari laman cermati.com, ada beberapa cara untuk dapat mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan yaitu:

Beragam Cara untuk Mengecek Saldo BPJS Ketenagakerjaan


Manual

Peserta dapat datang langsung ke kantor BPJS Ketenagakerjaan untuk minta di-print-kan slip saldo BPJS Ketenagakerjaan kepada petugas.


Via ATM BNI

Bagi nasabah bank BNI dapat mendatangi ATM BNI untuk melakukan pengecekan saldo. Namun, nasabah hanya dapat mengecek jumlah saldo pribadi. Sedangkan untuk pengambilan saldo yang dimiliki nasabah, tidak dapat dilakukan langsung di ATM BNI.


Melalui Online

Mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan sekarang dapat melalui internet atau secara online dimana peserta dapat mengaksesnya melalui website resmi BPJS Ketenagakerjaan yaitu  www.bpjsketenagakerjaan.go.id. atau langsung masuk ke menu es.bpjsketenagakerjaan.go.id/#tenagakerja.

Masukkan user ID dan password di Login jika sebelumnya sudah pernah mendaftar. Namun, jika Anda baru (belum pernah mendaftar), harus mendaftar lebih dulu dengan cara klik tulisan Registrasi pada menu Tenaga Kerja (jika berstatus sebagai tenaga kerja) isi form yang telah tersedia dengan benar dan lengkap. Selanjutnya pilih Setuju pada kolom ketentuan penggunaan layanan.

Bila data sudah terisi lengkap dan benar, klik Daftarkan atau SUBMIT DATA. Tunggu email konfirmasi atau balasan pesan SMS dari nomor ponsel (HP) untuk aktivasi akun. Jika sudah pesan konfirmasi, silakan masukkan kode aktivasi di alamat yang sudah tersedia lalu klik Kirim agar User Id dan Password dapat digunakan.

Kemudian peserta BPJS Ketenagakerjaan dapat mengecek Inbox emailnya. Jika sudah aktif, dapat langsung melakukan pengecekan saldo BPJS Ketenagakerjaan via online dengan terlebih dahulu Login menggunakan email  yang didaftarkan beserta PIN-nya.

Setelah masuk di menu anggota/member BPJS  Ketenagakerjaan, pilihlah menu Lihat Saldo JHT. Langkah terakhir adalah dengan memilih KPJ BPJS Ketenagakerjaan peserta, lalu klik tombol SUBMIT. Jumlah saldo peserta BPJS Ketenagakerjaan akan muncul di layar.


Melalui Aplikasi BPJSTK Mobile

Bagi pengguna smartphone, seperti Android, Apple, dan Blackberry dapat men-download aplikasi BPJSTK Mobile untuk melakukan cek saldo BPJS Ketenagakerjaan dengan mengikuti langkah-langkah seperti berikut:

- Download aplikasi BPJS Ketenagakerjaan yang tersedia di Playstore atau Apps Store.
- Selanjutnya install  aplikasi BPJS Ketenagakerjaan pada smartphone.
- Setting  aplikasi sesuai dengan akun BPJS yang dimiliki atau Anda dapat  login  ke alamat https://www.bpjsketenagakerjaan.go.id/mobile.
- Masukkan email  yang didaftarkan dan PIN akun BPJS yang dimiliki.

Jika sudah mempunyai akun lama di Jamsostek, dapat login menggunakan ID dan password pada akun lama tersebut.


Melalui SMS

Sebelumnya peserta harus melakukan registrasi terlebih dahulu agar dapat melakukan cek saldo maupun status kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan melalui SMS. Berikut ini format SMSnya:

- Ketik: DAFTAR(spasi)SALDO#Nomor KTP#NAMA#Tanggal lahir#Nomor peserta kirim   ke 2757.  Contoh: DAFTAR SALDO#3191036598033007#TIARACERMAT#03-02-1989#123456789 kirim ke 2757.
- Anda akan mendapatkan balasan SMS yang berisi ID sebagai berikut: TERIMA KASIH TELAH MENDAFTAR DAN NO ID ANDA 123456789.
- Jika nomor peserta sudah didapatkan, dapat langsung mengecek saldo JHT dengan cara membalas SMS tersebut dengan format: ketik SALDO(spasi)NOMOR PESERTA, kemudian kirim ke 2757. Contoh: SALDO 987654321 kirim ke 2757.

Layanan SMS 2757 hanya bisa digunakan untuk peserta dengan nomor operator Telkomsel, Indosat, dan XL.

Layanan via SMS ini juga dapat dipergunakan untuk mengganti nomor handphone atau jika ingin mengganti nomor PIN dengan format.

- Bila ganti nomor handphone, ketik: DAFTAR(spasi)GANTI(spasi)HP#Nomor Handphone lama#Nomor KTP, kirim ke 2757. Contoh: DAFTAR GANTI HP#08123456789#3191036598033007 kirim SMS ke 2757
- Untuk ganti PIN BPJS cukup ketik DAFTAR(spasi)GANTI(spasi)PIN#PIN lama#PIN baru. Contoh: DAFTAR GANTI PIN#123456#987654, Kirim SMS ke 2757