Tips Ampuh dapat Pekerjaan di Job Fair

Tips Ampuh dapat Pekerjaan di Job Fair - Meskipun jarang terdengar, pelaksanaan job fair nyatanya mendapatkan apresiasi yang luas dari para pencari kerja. Boleh dikatakan kegiatan festival untuk pencari kerja masih sangat minim.

Internet menjadi alasan terkuat dibalik persoalan ini. Perusahaan cukup memanfaatkan bagian IT mereka untuk menyampaikan bermacam informasi lowongan tanpa bersusah payah mencari lokasi pameran untuk mencari kandidat terbaik.

Bursa pencari kerja memang kegiatan yang dinanti para pencari kerja. Puluhan hingga ratusan perusahaan menghadirkan ribuan lowongan bagi mereka. Sehingga proses seleksi di tempat bursa akan memberikan keuntungan sekaligus kerugian.

Dikatakan untung karena para pencari kerja dapat mengikuti seleksi di berbagai perusahaan tersebut. Sedangkan kerugiannya adalah para HRD tiap perusahaan tentu hanya memiliki sedikit waktu untuk menyeleksi kandidat. Alhasil proses wawancara dan kertas resume kandidat akan sangat mempengaruhi kelayakan mereka bergabung.

Berikut beberapa tips menarik agar sukses mendapatkan pekerjaan melalui job fair.

Tips Ampuh dapat Pekerjaan di Job Fair


Resume atau CV harus menarik

Hal ini berkaitan dengan pandangan pertama HRD. Bisa dipastikan mereka akan mengamati kelebihan dari resume anda dikarenakan waktu yang singkat. Resume atau surat lamaran yang standar akan segera disingkirkan karena anggapan bahwa si pemilik resume tidak berniat mencari kerja.


Dalam  job fair, anda akan bersaing dengan ratusan atau bahkan ribuan kandidat. Sehingga melupakan penampilan atau isi resume merupakan hal terlarang. Buatlah agar tampilannya menarik dengan kalimat berbobot, bisa singkat dan padat, bisa juga diperluas agar terlihat beda dengan resume yang lain.


Pelajari perusahaan dan posisi yang dilamar

Nilai plus bagi anda yang mampu melakukannya. Ketika interview, seringkali HRD menanyakan hal ini. Dan pastinya, anda harus mendalami berbagai posisi yang menjadi target anda karena tak mungkin hanya melamar pada 1 jenis posisi saja dari ribuan posisi yang tersedia.


Berpenampilan menarik

Dalam situasi crowded, tentu membuat tampilan anda acak-acakan. Namun hal ini tidak dapat dijadikan dalil pembenaran akan penampilan anda. Pihak perusahaan tentu tidak mau tahu tentang itu. Mereka hanya ingin pegawai yang menarik dan rapih. Siapkan sisir dan jangan lupa untuk membenahi pakaian dan mencuci muka sebelum wawancara.


Bawa surat pengantar (Cover Letter)

Cover Letter adalah surat pengantar dimana pada paragraf pertama berisi tentang pengetahuan informasi lowongan kerja seperti mendapatkan info darimana dan alasan memilih lowongan tersebut.


Pada paragraf isi, terkandung nilai jual anda. Bagaimana karakter anda dan hal-hal positif dari anda. Di paragraf terakhir berisi ucapan terima kasih, berkas atau dokumen yang dilampirkan apa saja, dan harapan anda. Jadi cover letter tak ubahnya surat lamaran pekerjaan. Pastikan cover letter memiliki tampilan dan kalimat menarik.


Persiapkan diri ketika wawancara

Saat ini sudah banyak tersedia buku saku menghadapi wawancara kerja. Di internet pun bertebaran solusi praktis menghadapi situasi tersebut. Berlatihlah sebaik mungkin dengan durasi yang lama. Hal ini akan menunjang anda dalam menghadapi wawancara kerja sebenarnya. Semakin banyak anda berlatih, kegugupan akan terkikis dan anda akan mulai nyaman dalam menjawab persoalan.


Persiapkan dokumen pendukung

Terkadang perusahaan meminta anda menunjukkan sertifikat pelatihan yang dijalani. Bisa juga Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) sebagai alibi bahwa anda tidak pernah tersangkut perkara kriminal. Anda juga bisa membawa flash disk atau bahkan laptop untuk mendukung wawancara kerja. Dan pastikan anda membawa fotokopi KTP dan ijazah sebagai langkah antisipasi.


Jaga fisik dan stamina

Ribuan para pencari kerja akan memasuki bursa bersamaan dengan anda. Fisik dan stamina prima sangat dibutuhkan dalam kondisi seperti ini. Situasi ramai dan padat akan memaksa anda berdesak-desakan dan minim oksigen. Alangkah baiknya untuk sarapan terlebih dahulu dan membawa air mineral sebagai langkah antisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Perusahaan juga menginginkan kandidat yang berstamina untuk bergabung bersama mereka. Jadi penilaian tidak hanya bergantung pengalaman dan kemampuan anda terhadap posisi yang dilamar. Tetapi bisa dilihat dari unsur kerapihan dan fisik kandidat.

Related Posts