Tips Negosiasi Gaji Saat Melamar Kerja

Tips Negosiasi Gaji Saat Melamar Kerja – Saat melamar kerja, salah satu hal yang sering menjadi pertimbangan adalah gaji. Biasanya negosiasi gaji dilakukan saat proses terakhir.

Untuk mendapatkan besaran gaji yang anda inginkan, anda harus pintar menawar gaji dan tentunya memiliki “sesuatu” yang menjadi nilai lebih anda. Berikut beberapa tips untuk menegosiasikan gaji anda.

Tips Negosiasi Gaji Saat Melamar Kerja



Mengerti pekerjaan yang anda lamar

Sebagai seorang pelamar, anda harus tahu soal tanggung jawab, kebutuhan, dan harapan dari posisi yang anda inginkan. Ini akan meningkatkan peluang anda untuk mendapatkan gaji yang anda inginkan.


Pelajari secara detail perusahaannya

Pastikan anda tahu secara detail bagaimana kebiasaan perusahaan yang anda lamar, baik itu soal penilaian kinerja karyawannya, promosi jabatan dan kenaikan gajinya.


Perbanyak informasi mengenai gaji

Sehari sebelum negosiasi gaji, ,ada baiknya jika anda luangkan waktu untuk melakukan riset, guna mengetahui berapa gaji rata-rata dan kisaran gaji dari profesi yang sama dengan pekerjaan yang anda incar (Baca : Daftar Standar Gaji di Indonesia untuk Berbagai posisi).


Ketahui kelebihan dan kekurangan anda

Ini merupakan faktor penting dalam melakukan negosiasi gaji. Buatlah sebuah analisa untuk mengetahui kelebihan dan skil istimewa, atau bahkan pengalaman anda, yang membuat anda bakal menjadi karyawan berharga. Pastikan keunggulan anda bisa menjadi modal untuk menegosiasikan gaji yang lebih tinggi.


Tetapkan gaji minimal dan yang pantas buat anda

Sebelum melakukan negosiasi gaji, sebaiknya anda sudah menentukan besaran gaji minimal yang pantas untuk anda. Sehingga anda bisa percaya diri dalam bernegosiasi nanti.


Banyak latihan

Buat anda yang masih fresh graduate, ada baiknya jika anda banyak latihan dalam negosiasi gaji. Anda bisa meminta bantuan teman atau anggota keluarga.

Related Posts