Inilah Surat Lamaran dan CV yang Paling Dilirik Perusahaan

Inilah Surat Lamaran dan CV yang Paling Dilirik Perusahaan – Banyak pelamar kerja yang tidak terlalu memperhatikan kualitas CV dan surat lamaran yang dikirim. Hal ini tentu saja memperkecil peluang untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.

Untuk menghindari hal tersebut, anda sebaiknya siapkan secara matang CV dan surat lamaran yang ingin anda kirim. Pastikan kedua nya memenuhi kriteria “CV dan lamaran potensial”.

Jika anda belum tahu bagaimana cara membuat CV dan surat lamaran yang berpotensial, bisa kihat kriterianya di bawah ini.

Inilah Surat Lamaran dan CV yang Paling Dilirik Perusahaan

Surat Lamaran dan CV yang Paling Dilirik Perusahaan

Memenuhi persyaratan

Sebelum mengirim CV dan lamaran, pastiakan anda memenuhi semua persyaratan dan kriteria yang diinginkan perusahaan. Jika tidak bisa 100%, minimal anda memenuhi 70% kriteria yang diinginkan.


Gunakan subyek email yang tepat

Jika anda mengirim CV dan surat lamaran via email, gunakan subyek email yang tepat. Agar berpotensial untuk dilirik perekrut, sebaiknya anda gunakan nama anda dan nama jabatan yang dilamar saja.


CV dan lamaran yang unik

Jika dari segi intelegnsi anda kurang dan anda juga tidak memiliki banyak pengalaman, sebaiknya gunakan cara unik dalam menulis surat lamaran dan CV. Ini untuk menarik perhatian perekrut dan membuat perekrut 'jatuh cinta' dengan CV dan lamaran anda.

Selain dengan mencantumkan segala pengalaman dan pendidikan non formal, Anda pun bisa mengambil hati perusahaan dengan mengirim CV dan lamaran yang unik dan stand out. Misalnya dengan membuat CV berupa gambar atau lamaran dengan dengan penyampaian seperti puisi.


Menunjukkan kemampuan

Dalam membuat CV dan lamaran, pastikan anda bisa mendeskripsikan kemampuan atau kelebihan anda, tentu saja dengan cara yang elegan tanpa terkesan sombong. Hindari hanya mendeskripsikan diri dengan kata-kata klise seperti pekerja keras atau bertanggung jawab namun tidak mencantumkan pengalaman terkait sifat tersebut.


Mengikuti Instruksi


Salah satu hal yang membuat perekrut ilfil (hilang feeling) ketika menilai lamaran seseorang adalah ketika pelamar tidak mengikuti aturan yang ditetapkan. Misalnya jika dalam iklan lowongan kerja pelamar diharuskan mencantumkan foto terbaru. Ternyata pelamar itu lupa mengikutsertakan foto dalam lamaran atau CV-nya. Perekrut pun bisa menganggap jika si pelamar sudah sulit mengikuti aturan kecil sejak awal, apalagi nanti jika diberi aturan berat.


Masukan email untuk update info :

Related Posts