Tips Agar Produktivitas Kerja Meningkat

Tips Agar Produktivitas Kerja Meningkat – Bekerja di rumah atau di kantor sama sama membutuhkan energi yang tidak sedikit. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, anda harus bisa mempertahankan tiga hal ini yaitu kesehatan, kebahagian dan ‘kewarasan’.

Sebab jika stres mulai menyerang, kondisi kesehatan anda yang akan terkena imbasnya. Alhasil aktifitas kerja anda akan terganggu begitu juga dengan hasil atau output nya.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar produktifitas kerja anda terjaga. Berikut ulasannya.

Tips Agar Produktivitas Kerja Meningkat


- Fokus. Gunakan seluruh energi dan perhatian untuk menyelesaikan pekerjaan sehingga bisa selesai lebih cepat.
- Sesekali berdirilah dari kursi Anda guna mengistirahatkan otak agar bisa kembali fokus bekerja.
- Sediakan camilan sehat di meja kerja, pantri, atau dapur di rumah sehingga Anda bisa mengonsumsinya saat lapar. Hindari gorengan dan camilan tidak sehat lainnya.
- Kopi hitam atau teh hijau yang mengandung antioksidan alami bisa Anda manfaatkan juga untuk mengembalikan energi.
- Letakkan beberapa pot bunga atau lilin di sekitar tempat kerja Anda untuk mendapatkan aroma yang menyegarkan sehingga membuat mood Anda lebih senang.
- Di malam hari, pastikan Anda tidur selama 7-9 jam. Matikan semua perangkat elektronik agar tidur Anda lebih nyenyak.


Rangsang panca indera

1. Indera pendengaran

Mendengarkan musik favorit dengan tingkatan suara yang cukup, dapat membangkitkan hormon endorphin secara alami sehingga Anda merasa lebih bahagia dan berenergi. Anda bisa mendengarkannya melalui pengeras suara atau headphones.

2. Indera penciuman

Tempatkan sebuah lilin beraroma lemon di ruang bekerja Anda. Aroma asamnya dapat membangkitkan energi. Mandi atau cuci muka menggunakan sabun beraroma lemon juga bisa menjadi pilihan lain untuk meningkatkan indera penciuman.

3. Indera pengecap

Ketika tengah menikmati camilan saat bekerja, hindari camilan yang memiliki bahan pengawet dan mengandung gula yang tinggi. Agar terasa kenyang lebih lama, pilih camilan yang mengandung protein

4. Indera perasa

Jika Anda bekerja dari rumah, ambil waktu 15 menit untuk bermain dengan binatang peliharaan. Di kantor, Anda bisa menggunakan mainan yang bisa meredakan ketegangan seperti bola kecil yang bisa diremas tangan.

5. Indera penglihatan

Jika mulai terasa suntuk bekerja, sesekali pergilah keluar meski sekadar berjalan-jalan di sekitar gedung perkantoran atau rumah Anda. Sinar matahari dan vitamin D dapat membuat badan Anda merasa lebih baik.

Jaga indera penglihatan dengan cara-cara berikut:

Setiap 20 menit: Istirahatkan mata Anda untuk melihat ke arah lain dari layar komputer atau barang elektronik. Banyak orang yang lupa untuk mengedipkan mata ketika melihat layar elektronik padahal cara ini cukup efektif untuk tetap melembabkan mata.

Sesekali berdiri dan bergeraklah setiap satu-dua jam sekali. Dan jika memungkinkan sandarkan punggung dan tutup mata dalam beberapa detik.

Dalam 20 detik: Istirahatkan mata Anda setiap 20 menit selama 20 detik. Cara ini baik untuk kesehatan karena dapat mencegah sakit pada leher, punggung, atau bahu selain mencegah kerusakan pada mata.