Cara Menentukan Gaji yang Cocok Buat Anda

Cara Menentukan Gaji yang Cocok Buat Anda – Setiap proses interview, pihak HRD biasanya menanyakan besaran gaji yang diinginkan pelamar kerja (Baca : Contoh Pertanyaan Interview Kerja dalam Bahasa Inggris).

Beberapa ada yang bisa langsung memberikan besaran gaji, namun tidak sedikit pelamar kerja yang masih bingung menghitung gaji yang pantas diberikan ke mereka.

Pengalaman kerja merupakan satu peranan penting ketika melakukan negosiasi gaji saat wawancara (Baca : Tips Negosiasi Gaji Saat Melamar Kerja), namun ada beberapa hal yang juga perlu dipahami bagaimana sebaiknya menghitung gaji agar nilainya bisa tepat diajukan. Berikut penjelasannya

Menetapkan patokan 

Sebagai pekerja, sebaiknya anda memiliki patokan saat mengajukan gaji kepada perusahaan tempat Anda bekerja. Anda bisa mendapatkan referensinya di Google atau teman yang bekerja sebidang dengan anda.


Kemampuan perusahaan

Melamar di perusahaan ternama tentu jauh beda ketika anda melamar di perusahaan yang biasa. Ketika anda ingin mengajukan besaran gaji, sebaiknya kenal lebih dalam perusahaan yang anda lamar.

Pendidikan & Pengalaman

Kedua hal ini menjadi bahan pokok untuk menentukan besaran gaji. Anda bisa menghitung besaran gaji yang cocok buat anda berdasarkan dua faktor ini.

Tren pasar

Jika anda melihat keadaan sedang kondusif dan mendengar isu akan ada kenaikan gaji pegawai,gunakan kesempatan tersebut dengan sebaik-baiknya. Kinerja dan kemajuan karir biasanya sangat menentukan dalam hal ini.

Mengutamakan keterampilan dibanding keahlian

Jika ada seseorang yang memiliki keahlian yang sama dengan banyak orang, biasanya perusahaan akan menawarkan gaji yang lebih rendah karena mereka juga mungkin memiliki calon lain untuk dipilih.

Sebaliknya yang memiliki keterampilan tertentu atau khusus merupakan yang sangat dicari dan biasanya gaji yang ditawarkan untuk orang yang punya keterampilan tertentu tersebut juga lebih tinggi. Oleh karena itu, Anda harus bisa sesuaikan besaran gaji yang akan anda ajukan dengan keterampilan anda.

Related Posts