Inilah Jurusan SMK yang Menjanjikan di Masa Depan

Inilah Jurusan SMK yang Menjanjikan di Masa Depan – Banyak orang tua yang masih ragu memasukan anaknya ke Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Padahal SMK mampu mencetak tenaga kerja terampil yang siap kerja.

Selain itu, lulusan SMK juga bisa meneruskan jenjang pendidikannya ke universitas atau perguruann tinggi.

Berikut deretan jurusan di SMK yang diprediksi akan berpotensi menghadirkan masa depan yang gemilang.

Jurusan SMK yang Menjanjikan di Masa Depan


Jurusan Pelayaran

Siswa SMK Jurusan Pelayaran akan dididik menjadi seorang operator bidang nautika kapal. Mereka berpeluang untuk bekerja di kapal domestik maupun kapal asing. Penghasilannya pun tergolong fantastis.


Jurusan Teknik Otomotif

Jurusan ini bertujuan untuk mencetak tenaga-tenaga terampil yang andal di bidang perakitan otomotif. Prospek kerja lulusan otomotif sangat luas. Mulai dari bengkel modifikasi, kerja perusahaan-perusahaan otomotif raksasa sampai berpeluang berwirausaha dengan membuka bengkel sendiri.


Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan

Di era komputerisasi dan digital seperti sekarang, dunia akan selalu membutukan kemampuan seorang teknisi komputer. Makanya, Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) ini bisa menghantarkan lulusannya ke dunia kerja yang prospektif.

Yang dipelajari antara lain cara merakit komputer, melakukan pemeliharaan perangkat keras dan lunak, sampai memasang jaringan.


Lulusan Farmasi

Banyak bidang usaha yang membutuhkan lulusan Farmasi. Makanya, siswa lulusan ini juga memiliki prospek kerja yang menjanjikan. Lulusan Jurusan Farmasi punya peluang di berbagai lini. Mulai dari bagian administrasi pelayanan obat di instansi pemerintahan, apotek, instalasi farmasi di rumah sakit, hingga perusahaan obat-obatan, kosmetik, dan makanan.


Urusan Tata Boga

Jurusan tata boga di SMK membantu mencetak ahli-ahli masak dengan standar internasional. Ini tentu peluang besar  mengingat banyaknya jumlah hotel dan restoran yang membutuhkan seorang koki andal. Mereka pun berpeluang untuk berwirausaha di bidang kuliner seperti katering dan rumah makan.