Informasi Terbaru Lowongan CPNS 2021

Informasi Terbaru Lowongan CPNS 2021 – Di tahun 2021, pemerintah berencana membuka kembali lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) secara besar besaran.

 

Andi Rahadian selaku Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik sekaligus Juru Bicara Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) mengatakan kalau lowongan CPNS 2021 akan tetap mempertimbangkan jumlah pegawai yang dibutuhkan tiap instansi.

 

Buat anda yang ingin mendaftar CPNS di 2021, berikut ini rangkuman informasi mengenai lowongan kerja CPNS 2021.

 


Informasi Terbaru Lowongan CPNS 2021

 

Lebih 11 ribu formasi CPNS tersedia

 

Berdasarkan data terakhir, terdapat 11.580 formasi CPNS yang kosong. Namun demikian angka tersebut akan kembali dicek untuk memastikan jumalh sesungguhnya yang dibuthkan tiap tiap instansi.

 

Menurut Mentri Tjahjo, kementrian khususnya pemda seringkali menyusun formasi tidak berdasarkan kebutuhan nyata, sehingga pegawai yang sudah direkrut tidak bisa dioptimalkan fungsinya.

 

 

Jumlah formasi CPNS 2021 masih disusun

 

Saat ini Kemenpan-RB sedang melakukan penyusunan formasi CPNS 202, baik itu jenisnya maupun jumlahnya. Pengumuman pembukaan CPNS 2021 nantinya dilakukan setelah proses penyusunan selesai.

 

Sementara itu, pemerintah juga tengah fokus menyelesaikan proses penerimaan CPNS 2019. Saat ini, proses seleksi CPNS 2019 sudah sampai pada tahap pengumuman.

 

Buat yang belum lolos, masih diberi waktu sanggah dengan mengajukan surat keberatan kepada panitia seleksi nasional.

 

 

Tidak ada lowongan Tenaga Administrasi untuk CPNS 2021

 

Untuk CPNS 2021, pemerintah tidak akan membuka lowongan untuk tenaga adminstrasi. Sebab formasi CPNS 2021 yang dibutuhkan berfokus ke tenaga teknis. Hal ini untuk mendukung pembangunan nasional.

 

 

Dua formasi CPNS yang diprioritaskan di 2021

 

Selain tenaga teknis, ada dua formasi lagi yang menjadi prioritas pemerintah saat membuka lowongan CPNS 2021, yaitu tenaga pengajar atau guru dan tenaga kesehatan. Jumlah pegawai yang berstuatus PNS di dua formasi ini sangat kurang.