Berapa Sih Gaji Manager di Indonesia ?

Gaji dan Tugas Manajer Produk di Indonesia – Product manager merupakan posisi menengah yang memegang peran sepenuhnya atas suatu produk. Ia bekerja mulai dari fase perencanaan hingga proses produksinya.

 

Fase pra produksi meliputi keterampilan dan kemampuan dalam menerjemahkan nilai perusahaan ke dalam calon produk, diskusi dengan pemangku kepentingan, hingga melakukan penelitian tren produk di masyarakat. Selain itu, melakukan tukar pikiran dengan pihak klien itu sendiri.

 

Tahapan produksi meliputi aktivitas pengecekan persediaan bahan mentah, tenaga kerja, prosedur kerja hingga penjadwalan produksi yang mengakomodir kebutuhan seluruh pihak. Kerjasama dengan bawahan dan tim lain memberikan peranan penting agar produk sesuai harapan.

 

Bila terdapat gangguan, seorang manajer produksi harus segera mencari solusi seraya melakukan pengembangan produk ke depan. Tiap tahapan produksi harus dicatat dalam laporan produksi dengan harapan mempermudah pelacakan kesalahan jika ada, serta menyumbang poin penting bagi pengembangan produk bila memang dibutuhkan.

 

Seorang product manager harus cepat menangkap keluhan bawahan dan tentu saja mencarikan solusinya. Apabila seluruh tahapan produksi selesai, tugas berikutnya adalah melakukan evaluasi keseluruhan proses produksi.

 

Dengan situasi dan beban kerja tersebut, pelakon profesi ini mau atau tidak, harus menguasai sejumlah keahlian, baik itu kemampuan komunikasi dan kerjasama, riset dan analisa, manajemen bisnis dan produk, analisa data, serta selalu mengikuti perkembangan dunia ekonomi dan industri.

 

Posisi ini biasanya diisi oleh orang orang lulusan dari Manajemen Bisnis, Desain Produk, Teknik Industri, Komunikasi, Desain Komunikasi Visual (DKV), Rekayasa Hayati, Administrasi Niaga, Produksi Ternak, Agroindustri, Agrobisnis, Manajemen Pemasaran, Manajemen Operasi, dan lainnya.

 

Seiring dengan tugas dan tanggung jawabnya yang kompleks dan beragam, gaji product manager terbilang cukup besar, beda jauh dengan gaji supir dan satpam di BUMN. Namun besaran gaji ini tergantung pada kondisi keuangan perusahaan masing-masing. Lalu berapa besaran gaji seorang Product Manager.

 

Gaji dan Tugas Manajer Produk di Indonesia

Gaji Product Manager di Indonesia

 

Gaji yang ditawarkan adalah berkisar Rp.8-15 juta, ini berdasarkan info gaji di salah satu perusahaan rintisan bidang pendidikan, Quipper. Tentunya angka tersebut bisa dijadikan panduan bagi anda yang berminat dengan posisi ini untuk pertama kalinya. Angka itu juga dapat menjadi referensi ketika melakukan negosiasi gaji bagi yang sudah berpengalaman, tergantung dari jenjang itu sendiri.

 

Gaji terendah kemungkinan diperuntukkan posisi yunior dari product manager, yaitu associate product manager. Level tingkat awal yang bertanggung jawab atas satu atau beberapa sub-produk, sebuah maupun banyak proyek dalam satu waktu.

 

Tentunya gaji untuk jenjang menengah berkisar di antara jenjang yunior dan senior. Gaji senior product manager pastilah menjadi yang tertinggi. Tugasnya tidak lagi fokus pada eksekusi proyek melainkan mengawasi tim produksi yang ada di bawahnya.

 

Kerja di perusahaan startup tentu lebih berat karena harus ikut membangun sistem dan sebagainya. Hindari logika terbalik yang menyatakan bayarannya murah karena masih merintis. Mintalah gaji sesuai dengan pekerjaan dan tanggung jawab yang akan dipegang.