5 Cara Buat CV Simple Tapi Menarik

Cara Buat CV Simple Tapi Menarik - CV atau daftar riwayat hidup merupakan sebuah dokumen yang memuat informasi tentang kualifikasi seorang pencari kerja.

Dengan CV yang profesional dan jelas, maka anda akan terlihat menonjol dibanding pelamar lain. Menyesuaikan pembuatan CV berdasarkan pekerjaan yang dilamar adalah hal penting.

Berikut ini 5 langkah terbaik dalam menghasilkan CV yang profesional dan menonjol sehingga memperbesar peluang anda untuk dilirik perusahaan.

 

5 Cara Buat CV Simple Tapi Menarik



Cara Buat CV Simple Tapi Menarik

 

Ringkas, Padat, dan Jelas

CV yang efektif terkadang harus menyajikan informasi secara lengkap, namun tak berarti harus panjang sekali hingga 3 halaman atau lebih.

Paparkan informasi penting, detail, dan relevan terhadap pekerjaan yang dilamar hanya dalam 1-2 halaman.

 

Gunakan Kata Kunci pada Jobs Description

Sebagian HRD menggunakan applicant tracking system (ATS). Software ini akan melakukan seleksi awal pada CV, sebelum akhirnya menjalani proses ke tahap berikutnya. Proses seleksi awal ini akan menjadi lebih mudah, hemat waktu dan juga tenaga.

Agar CV bisa diproses  ke tahap berikutnya, maka harus lolos dalam proses ATS ini terlebih dahulu. Karena itu anda harus pandai menggunakan kata kunci atau keyword pada posisi yang dilamar, seperti berbagai pencapaian serta keahlian yang sesuai dengan posisi tersebut.

 

Sesuaikan CV dengan posisi yang dilamar

Tiap CV tentu tidak akan bisa sesuai untuk keseluruhan posisi yang ditawarkan oleh perusahaan. Oleh sebab itu, anda harus menyesuaikan CV dengan masing-masing posisi yang akan dilamar. Dan pastikan dibuat sejak awal proses pembuatan CV.

Cantumkan informasi secara detail, termasuk jabatan yang diminati. Masing-masing perusahaan mungkin saja memiliki nama berbeda untuk sebuah posisi yang sama, jadi perhatikan hal ini dengan teliti.

Guna mencegah kesalahan penulisan, ada baiknya membaca dan pahami dengan baik seluruh deskripsi pekerjaan yang ditawarkan terlebih dahulu.

 

Fokus Pencapaian

Agar CV terlihat menonjol, maka fokuskan pada pencapaian kinerja pada perusahaan tempat anda bekerja sebelumnya. Jika anda seorang fresh graduate, maka sampaikan  keberhasilan atau prestasi semasa kuliah misalnya menjadi panitia acara kampus atau hal lain yang sesuai atau berhubungan dengan posisi yang dilamar.

 

Bubuhi Sentuhan Personal

Desain CV harus sebagaimana poin 1 yakni sederhana, lugas, dan efektif. Anda bermain dengan modifikasi seni sebagaimana personal branding yang ingin ditekankan di CV juga sah-sah saja.

Barangkali recruiter akan menganggap bahwa anda menyukai keindahan dan ketelitian sehingga berefek positif bagi peluang dalam mendapatkan pekerjaan.

 

Demikian 5 panduan untuk menghasilkan CV yang baik dan mudah dipahami oleh HRD sebagai bekal seleksi penerimaan pegawai. Semoga artikel ini bermanfaat.