Mau Resign dari Perusahaan ? Persiapkan Hal Berikut

Persiapan  yang Harus Anda Lakukan Sebelum Resign - Berhenti kerja dari sebuah pekerjaan merupakan hal berat bagi seorang pekerja. Perlu waktu yang tepat untuk mengambil keputusan resign.

Terlebih di masa pandemi covid-19 yang belum berakhir ini, peluang melamar pekerjaan di tempat baru tentu berkurang karena banyaknya pengurangan pegawai yang dilakukan sejumlah perusahaan.

Jika niat anda untuk resign dari perusahaan sudah fix tidak mungkin untuk berubah lagi, pastikan anda sudah mempersiapkan beberapa hal.

Apa saja itu ? Berikut ini beberapa persiapan yang mungkin harus anda lakukan sebelum mengambil keputusan untuk resign:

 

Hal yang Harus Disiapkan Sebelum Resign

Persiapan yang Wajib Diperhatikan Sebelum Resign

 

Cari alasan terbaik

Sebelum memutuskan berhenti kerja, teliti dulu alasan anda melakukannya. Apakah ada ketidaknyamanan di lingkungan kantor, proses adaptasi yang agak lama, beban kerja yang terlalu berat, ataukah memang ingin mencoba hal baru?

Silakan cari tahu dulu agar proses resign menjadi lebih mudah dan anda tidak menyesal dengan keputusan itu.

 

Perhatikan apa yang didapat setelah resign

Hal ini perlu diperhatikan kedepannya, terkait apa yang anda dapatkan dari perusahaan tempat anda bernaung jika jadi berhenti kerja. Apakah anda mendapatkan surat pengalaman kerja dari mereka, tunjangan apa saja yang didapat, dan semisalnya.

 

Cek kondisi keuangan

Maksudnya adalah melihat nominal tabungan anda, kira-kira cukup atau tidak untuk bekal beberapa bulan kedepan bersamaan dengan proses anda melamar kerja di tempat baru.

Karena boleh jadi anda tidak langsung diterima di perusahan tempat anda melamar kerja namun butuh waktu tunggu dalam proses penerimaan pegawai baru tersebut.

Kalau pun anda memutuskan untuk menekuni bidang usaha tertentu, pastikan kondisi keuangan mencukupi untuk beberapa bulan kedepan dalam rangka berjaga-jaga bila usaha anda kurang berjalan sebagaimana harapan.

 

Asuransi kesehatan

BPJS terkadang diberikan oleh perusahaan sehingga ketika anda memutuskan resign, silakan bertanya kepada mereka perihal akses ini bisa dilanjutkan atau tidak.

Jika layanan ini berhenti, maka anda tak perlu mengurusnya bila kondisi keuangan belum stabil.

 

Mempersiapkan dana pensiun

Persiapan dana pensiun ini adalah upaya untuk menjaga kelangsungan hidup anda dalam beberapa tahun ke depan. Utamanya ketika umur anda mendekati masa pensiun namun lebih memilih untuk resign karena kondisi fisik yang tidak memungkinkan untuk melanjutkan pekerjaan.

Sebagian dana kompensasi dari perusahaan -jika ada- bisa digunakan untuk usaha kecil-kecilan sebagai bekal tambahan menghadapi masa menganggur.

 

Demikian artikel terkait persiapan yang harus dilakukan sebelum memutuskan untuk bekerja dan semoga bermanfaat.