6+ Cara Jitu Mengatasi Ngantuk di Kantor

Cara Mengatasi Ngantuk di Kantor - Ngantuk merupakan kondisi ketika seseorang ingin tidur. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya kandungan oksigen pada otak.

Namun, terkadang kondisi ngantuk ini terjadi pada saat yang tak tepat. Akibatnya orang tersebut akan tertidur di saat yang tidak tepat pula, misalnya di tengah-tengah aktivitasnya kerja di kantor. Hal ini tentu akan mejadi masalah buat andam terutama bagi anda masih beradaptasi di tempat kerja baru .

Berikut ini akan dishare cara simple dan jitu mengatasi ngantuk ketika berkerja di kantor.

 

Cara Mengatasi Ngantuk di Kantor

Cara Mengatasi Ngantuk di Kantor

 

Peregangan Otot

Duduk berjam-jam tentu akan membuat kaku persendian serta memberikan beban pada mata dan pikiran. Inilah penyebab datangnya ngantuk itu. Berolahraga ringan bisa mengatasinya. Cobalah untuk sit up atau sekedar melakukan gerakan peregangan selama 5 menit untuk mengembalikan daya tahan tubuh.

 

Minum Kopi

Kafein nyatanya menstimulasi sistem metabolisme hingga sistem saraf sehingga membuat mata melek dan susah tidur. Alhasil, tips jitu menghilangkan rasa ngantuk adalah dengan meminum kopi dimana kandungan kafeinnya cukup tinggi.

 

Keluar kantor sebentar

Beranjak dari kursi bisa mengurangi ketegangan dan mereduksi rasa ngantuk. Mencari suasana baru dapat menyegarkan pikiran dan sendi. Menyapa dan berbincang sebentar dengan sesama karyawan bisa mengusir ngantuk yang melanda.

 

Tidur beberapa menit

Memejamkan mata selama 15 menit bisa mengurangi serangan ngantuk berlebihan. Toh mata juga butuh istirahat setelah menatap layar berjam-jam. Pasang alarm atau minta bantuan teman di sebelah untuk membangunkan anda agar tidur tidak kebablasan.

 

Makan rujak

Makan rujak yang pedas dengan buah agak asam bisa membuka mata lebar-lebar. Perpaduan keluarnya keringat dan kernyit mata dijamin mengusir rasa kantung yang menyerang.

 

Ngemil Cemilan Sehat

Cemilan sehat diperlukan untuk menambah vitalitas tubuh. Namun konsumsinya jangan berlebihan karena bukannya membuat fit malam memperbesar rasa ngantuk. Roti gandum atau salad bisa menjadi rekomendasi.

 

Mencuci Muka

Membuat wajah dan tubuh segar bisa dilakukan dengan membasuh muka. Mencuci menggunakan sabun juga bisa dilakukan untuk membuat aroma wangi di wajah dan memberikan gairah baru untuk bekerja.

Tidak hanya wajah, basuh juga bagian tengkuk leher untuk melemaskan otot yang tegang akibat menatap layar komputer atau laptop.