Cara Menolak Tugas di Luar Jobdesk Pekerjaan

Cara Menolak Tugas di Luar Jobdesk Pekerjaan - Bagi pekerja atau pegawai berpengalaman, tentu perkara mendapatkan beban tugas baru di luar jobdesk adalah hal yang lumrah terjadi.

Bagi fresh graduate, bila ini terjadi pada mereka, pasti tidak akan menolaknya. Namun berbeda halnya dengan karyawan berpengalaman, tentu ada peluang untuk menolak menyelesaikan tugas di luar uraian pekerjaan aslinya terlebih masih banyak tugas sebelumnya yang belum terselesaikan.

Lantas, bagaimana cara yang tepat menolak keinginan atasan untuk memberikan tugas baru di luar jobdesk kerja? Berikut ulasannya.

 

Cara Menolak Tugas di Luar Jobdesk Pekerjaan

Cara Menolak Tugas di Luar Jobdesk Pekerjaan

 

Pilihlah waktu yang tepat

Meskipun meminta bawahannya melakukan pekerjaan tambahan dengan kalimat yang sopan, namun seorang atasan sering kali tidak mengetahui atau bahkan tidak peduli beban pekerjaan bawahannya.

Menolak permintaan atasan dengan menekannya dampaknya pada inefisiensi jobdesk anda, mungkin menjadi solusinya.

Namun jangan dilakukan terlalu sering, anda bisa atur waktu yang tepat kapan menolak atau menerima pekerjaan tambahan dari atasan.

Sebab yang tahu pasti berat pekerjaan dan waktu yang diperlukan untuk menyelesaikannya adalah anda sendiri.

 

Beri tahu rekan kerja

Cara ini dapat menolong anda untuk menyampaikan penolakan. Barangkali rekan kerja lebih mengerti karakter atasan sehingga “drama” penolakan menjadi lebih cair.

Pekerjaan tambahan di luar jobdesk juga bisa datang dari rekan kerja yang meminta bantuan karena tidak paham atau kesulitan dalam menyelesaikan tugasnya.

Terkait hal ini, bisa menolak dengan menyatakan kondisi diri yang masih memiliki banyak tugas. Penolakan juga bisa disertai dengan menawarkan rekan kerja lain untuk membantunya. Hal ini tentu membuat lingkungan kerja tetap kondusif.

 

Menawarkan solusi lain

Sikap ini adalah yang terbaik. Gunakan bahasa formal untuk menolak dengan menerangkan pekerjaan yang diprioritaskan dan tawarkan jalan keluar kepadanya. Baiknya, penolakan ini dilakukan dalam kondisi tenang dan disertai gesture yang nyaman.

Bisa juga dengan menanyakan estimasi waktu yang dibutuhkan untuk mengerjakan pekerjaan baru. Jawaban atas pertanyaan tersebut dapat menjadi alibi untuk menolak karena ada tugas lain yang harus segera diselesaikan.

Jika atasan masih teguh dengan sikapnya untuk membebankan tugas baru di luar jobdesk, alternatif lain jika memungkinkan adalah meminta pertolongan atasan yang lebih tinggi posisinya untuk memberikan solusi.