Daftar Perusahaan Farmasi yang Melakukan PHK Massal 2016

Daftar Perusahaan Farmasi yang Melakukan PHK Massal 2016 – Berita PHK belakangan ini memang sering terdengar. Selain dunia otomotif dan elektronik (Baca : DaftarPerusahaan yang Melakukan PHK Massal di 2016), perusahaan farmasi ternyata akan melakukan PHK massal juga.

Perusahaan farmasi yang akan melakukan PHK massal terbilang cukup besar dan memiliki reputasi di industri farmasi di Indonesia. Sebutlah Voltaren produk Novartis, produk ethical seperti Oxipres dari Sandoz dan produk berkualitas lainnya yang telah kuat dipasaran Indonesia.

Seperti dikutip dari Republika.co.id, Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) mendesak agar pemerintah segara melakukan upaya untuk mengehentikan gelombang PHK di tahun ini.


Daftar Perusahaan yang Melakukan PHK Massal di 2016


"PHK ini sungguh benar-benar ada, bukan main-main dan mengada-ada. Kali ini yang melakukan PHK adalah perusahaan farmasi multinasional dari Prancis dan Swiss yang sudah beroperasi puluhan tahun di Indonesia," kata Iqbal.

Ia menambahkan, perusahaan farmasi multinasional yang melakukan PHK buruh pada Februari 2016 adalah PT Novartis, PT Sandoz, dan PT Sanopi Aventis.

"Kemungkinan akan menyusul perusahaan farmasi multinasional lain melakukan PHK, seperti PT Merck, PT Glaxo, dan PT Jhonson and Jhonson," katanya.

Iqbal menyatakan, saat ini ada ratusan buruh yang sudah ter-PHK dan sedang berunding pesangon. Ratusan buruh tersebut adalah anggota federasi serikat pekerja farmasi Farkes Reformasi yang juga berafiliasi dengan KSPI.

Pabrik PT Novartis di Kuningan, Jakarta Selatan, mem-PHK 100 orang dari total 300 buruhnya. Kemudian, pabrik PT Sandoz di Pasar Rebo, Jakarta Timur, mem-PHK 200 orang dari total 300 buruhnya. Lalu, PT Sanopi Aventis di Jalan A Yani, Jakarta Timur, mem-PHK lima orang, tetapi kemungkinan bertambah menjadi 100 orang, dari total 300 buruhnya.