Inilah Daerah yang Kekurangan Pekerja

Inilah Daerah yang Kekurangan Pekerja – Di tengah maraknya berita Pemutusan Hubungan Kerja (Baca : Daftar Perusahaan Farmasi yang Melakukan PHK Massal 2016), ternyata ada satu daerah di Indonesia yang sedang kesulitan mendapatkan tenaga kerja baru.

Total pekerja baru yang dibutuhkan daerah tersebut mencapai 184.00 orang, namun baru terserap 21 ribu orang. Angka tersebut untuk 40 perusahaan, baik itu investasi baru maupun perluasan usaha.

Kepala BKPM, Franky Sibarani menjelaskan, rata-rata perusahaan yang kesulitan mencari tenaga kerja tersebut tersebar di pusat industri baru seperti Jawa Tengah.

Inilah Daerah yang Kekurangan Pekerja


"Ada beberapa daerah yang memang ternyata daerahnya itu terjadi rebutan. Misalkan di Jawa Tengah, ada industri daerah Semarang tapi rekrut dari Wonogiri, terus Wonogori rekrut lagi dari Boyolali, Boyolali ambil dari Blora, dari Blora dari Cilacap," ungkap Franky ditemui di kantor Kemenaker, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Selasa (9/2/2016).

Di Jawa Tengah, menurutnya, kesulitan mencari tenaga kerja baru biasanya datang dari pelaku industri tekstil dan alas kaki.

"Kayak Wonogiri, baru kita contoh support (dukung) investasi garmen, dia butuh pertama 2.000 tenaga kerja, sampai Desember dia baru 1.000 tenaga kerja," papar Franky.

Related Posts