-->

Tips Agar Tidak Terlalu Lama Menganggur Setelah Lulus

Tips Agar Tidak Terlalu Lama Menganggur Setelah Lulus - Setelah lulus kuliah biasanya ada dua opsi untuk para fresh graduate, melanjutkan pendidikan atau mencari pekerjaan. Bagi yang memilih untuk mencari pekerjaan terkadang tidak dapat langsung mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Menganggur untuk beberapa waktu selagi mencari lowongan tentu merupakan hal yang harus dijalani.

Namun, ada beberapa tips agar tidak terlalu lama menganggur demi mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Berikut ini solusi yang yang bisa anda gunakan.

Tips Agar Tidak Terlalu Lama Menganggur Setelah Lulus


Berwirausaha

Bagi mereka yang baru lulus pendidikan, kesulitan yang dihadapi untuk mendapatkan pekerjaan adalah karena minimnya pengalaman kerja. Persaingan yang ketat karena tingginya lulusan universitas juga menjadi faktor penghambat.

Untuk solusi yang ditawarkan adalah dengan memulai wirausaha. Mencoba bisnis kecil-kecilan beriringan dengan mencari pekerjaan di perusahaan bisa menjadi pengalaman yang positif. Terlebih bila usaha tersebut mendulang kesuksesan sehingga bisa membuka lapangan kerja dan tak perlu lagi bekerja pada orang lain.

Menjadi wirausahawan tidak harus memiliki modal besar karena memiliki perencanaan dan persiapan yang matang serta tidak gengsi merupakan kunci sukses. Memanfaatkan jaringan pertemanan saat menempuh pendidikan bisa menjadi jalan untuk memasarkan produk yang ditawarkan. Dan juga informasi-informasi berdasarkan pengalaman teman yang telah terlebih dulu berada di dunia kerja tentu menjadi poin positif.


Aktif di Dunia Maya

Pada jaman teknologi informasi yang berkembang pesat ini, banyak perekrut memanfaatkan jaringan profesional untuk merekrut kandidat. Melakukan riset sederhana secara online terhadap kandidat akan dilakukan hingga menemukan apa yang dibutuhkan. Tak jarang mereka akan menghubungi meski tanpa ada surat lamaran sekalipun.

Aktif dalam jaringan profesional seperti Linkedin untuk berbagi pengetahuan dan informasi seputar dunia kerja dapat memberikan kesempatan untuk menunjukkan keahlian, keterampilan, dan kapasitas calon pekerja melalui postingan.


Tidak Mengandalkan CV

Curriculum Vitae (CV) atau daftar riwayat hidup memang unsur penting dalam melamar pekerjaan. Namun para perekrut hanya meluangkan waktu singkat untuk membaca CV tersebut. Oleh sebab itu, cukup menyampaikan kelebihan dan informasi yang dibutuhkan sesingkat dan sejelas mungkin.

Atau membuat blog di mana pelamar dapat menyimpan portofolio atau hasil karya selama kuliah. Sehingga ketika pewawancara menginginkan penjelasan lebih dalam mengenai diri pelamar, bisa langsung menunjukkan hasil karya tersebut kepada mereka.


Memanfaatkan Waktu Menganggur Untuk Belajar

Untuk para fresh graduate atau yang baru lulus menempuh pendidikan, adakalanya harus menganggur terlebih dulu untuk mendapatkan pekerjaan yang diminati. Agar waktu yang dijalani tidak terbuang percuma, mencari alternatif memanfaatkan waktu luang merupakan opsi yang menarik.

Tidak perlu modal, seseorang bisa mendapatkan pelatihan gratis yang dapat ditemukan di internet. Bila mengincar posisi digital marketing pada sebuah perusahaan, maka memperbanyak latihan seputar Google Adwords dan mengambil tes sertifikasi merupakan pilihan yang baik. Terlebih bisa didapatkan secara gratis.

Selain menambah keahlian, sertifikasi ini juga menambah nilai plus di mata perekrut. Mencari pekerjaan harus sesuai passion atau keinginan karena ketika bekerja akan semangat, memberikan kenyamanan sehingga berkontribusi positif pada jenjang karir kedepannya. 


Masukan email untuk update info :

Related Posts