6 Profesi Bergaji Tinggi Paling Dicari di Tahun 2018

6 Profesi Bergaji Tinggi Paling Dicari di Tahun 2018 - Lazimnya bagi seorang pegawai atau karyawan, akhir tahun merupakan waktu yang tepat untuk mengevaluasi kinerja pribadi pada perusahaan yang ditempati. Saatnya untuk menimbang kembali apakah perusahaan itu adalah tempat yang tepat untuk melanjutkan karir atau mencari pekerjaan baru.

Pada tahun 2018, diperkirakan akan banyak lowongan pekerjaan yang menawarkan gaji tinggi dimana umunya bergerak dibidang industri digital. Berikut ulasannya.

6 Profesi Bergaji Tinggi Paling Dicari di Tahun 2018


SEO Specialist

Dunia digital semakin cepat perkembangannya sehingga banyak perusahaan membutuhkan kanal digital sebagai tempat memasarkan produknya. Agar target pemasaran suatu produk tercapai, maka diperlukan tenaga yang ahli mengoptimalisasi mesin pencari atau Search Engine Optimization (SEO) Specialist.

Karena keahlian ini sangat langka, maka bisa dipastikan sebuah perusahaan akan memberikan gaji tinggi bagi profesi ini. Kisaran gaji diatas 10 juta untuk staf atau manajer merupakan kalkulasi yang sepadan bagi keahlian ini.


Digital Marketer

Imbas dari perkembangan industri digital yang sangat cepat, profesi pemasar digital juga semakin dibutuhkan. Digital marketer harus menguasai semua keahlian mengoptimalkan kanal digital untuk mendukung keberhasilan pemasaran produk. Oleh karenanya, harus menguasai SEO, copy writing, juga optimalisasi media sosial.

Gaji belasan hingga puluhan juta menjadi nominal yang sepadan. Ditunjang dengan minimnya tenaga ahli dibidang digital ini.


Creative Designer

Saat ini kebanyakan orang lebih tertarik pada informasi berupa video bergerak atau tampilan infografis yang menarik. Informasi dalam bentuk teks menjadi bunga layu. Bagi desainer kreatif, tentunya ini akan menjadi tempat uji kreatifitas, apakah karyanya diterima masyarakat atau tidak.

Dengan besarnya ide kreatif yang harus dikeluarkan, tentunya gaji tinggi pasti akan diberikan kepada mereka. Bagi perusahaan startup, mungkin gaji yang diberikan bagi desainer kreafit adalah diatas 2 digit.


Web Developer

Pengembang Web sangat dibutuhkan bagi perusahaan untuk memberikan tampilan terbaik pada kanal gigital perusahaan tersebut. Seorang web developer yang handal akan terbiasa dengan bahasa pemrograman, baik itu di sisi server ( server-side scripting ) maupun disisi client ( client-side scripting ).

Karena kemampuan penguasaan materi tentang web yang luas, maka perusahaan akan memberikan gaji diatas 20 juta. Ditambah dengan era digital yang luar biasa, maka pekerjaan ini akan banyak diminati oleh banyak perusahaan.


Data Scientist

Seorang data scientist harus memiliki kemampuan untuk mengolah, mengeksplor, menguak, menginvestigasi, dan memvisualisasikan data. Layaknya ilmuwan, data scientist melakukan eksperimen-eksperimen untuk menemukan hal-hal baru yang nantinya bermanfaat untuk perusahaan. Hal-hal baru ini bisa jadi merupakan pola-pola yang tidak umum terjadi atau tidak umum diketahui oleh perusahaan sejenis.

Dengan menemukan pola-pola baru inilah, perusahaan bisa mendapatkan keuntungan daripada kompetitor mereka. Seringkali, kemenangan dalam persaingan bisnis ditentukan oleh kemampuan data scientist yang menganalisa data tersebut. Maka, wajar bila perusahaan memberi gaji tinggi bagi profesi ini.


Social Media Specialist

Pekerjaan ini adalah bagian dari marketing dan bisa juga public relation sebagai imbas dari perkembangan teknologi digital. Tanggung jawabnya adalah mengurusi seluruh media sosial dari perusahaan seperti jejaring sosial facebook, twitter, Instagram, Path, Google+, linkedIn, dan lainnya agar branding suatu produk dapat diingat oleh publik.

Menjadi seorang social media specialist memang tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang, hanya mereka yang memiliki passion dan aktif terhadap media sosial. Profesi ini bisa memberikan gaji tinggi terlebih bila sudah senior.