8 Tips Ampuh Atasi Stres Kerja di 2020

8 Tips Ampuh Atasi Stres Kerja di 2020 - Stres adalah penyakit yang timbul karena tekanan pada psikis. Penyebabnya bermacam-macam seperti beban berlebih pada pekerjaan, hubungan yang kurang harmonis antar sesama insan, dan sebagainya.

Namun berdasarkan survei yang dilakukan American Psychological Association terungkap kalau pekerjaan menjadi sumber utama stress. Lebih dari 60 persen responden berpendapat demikian.

Stres di tempat kerja memang tidak bisa dihindari, namun setidaknya bisa diatasi agar tidak memberikan efek negatif terhadap kesehatan tubuh anda.

Ada sejumlah cara untuk mengatasi stres di tempat kerja, berikut ulasannya.

Tips Ampuh Atasi Stres Kerja di 2020


Buatlah perencanaan

Sebelum memulai pekerjaan, buatlah rangkaian jadwal rutinitas kerja. Prioritaskan untuk mengerjakan tugas yang mudah terlebih dahulu. Dan tulislah dengan waktu yang masuk akal agar anda tidak dibebani kewajiban untuk menyesuaikan dengan jadwal tersebut.

Jadwal hanya memberikan pedoman agar anda tepat waktu dalam menggunakannya. Hal ini dimaksudkan untuk memastikan aktifitas anda di kantor berjalan terencana dan efektif.


Efektifkan manajemen waktu

Sesuaikan dengan jadwal rutinitas kerja yang telah anda buat. Bila ada kelebihan waktu karena pekerjaan yang mudah dan sedikit, maka gunakanlah untuk menyelesaikan tugas berikutnya.

Usahakan agar tidak menumpuk pekerjaan karena beban kerja akan membesar dan stres pun akan timbul. Ketegangan otot pun akan melanda dan membuat anda cepat lelah.


Jaga jarak standar antar rekan dan atasan

Maksudnya adalah agar tidak terlalu dekat atau masih dalam tahap kewajaran. Hubungan yang terlalu dekat akan memicu anda berempati sehingga memaksa anda untuk berada dalam posisi mereka yang belum tentu anda inginkan.

Bersikap berjauhan juga tidak disarankan karena mengasingkan diri dalam dunia kerja akan membuat anda kesepian dan tidak ada seorangpun yang menjadi penyemangat ketika anda membutuhkannya.


Jangan gengsi bertanya

Hal ini adalah bagian dari proses adaptasi di lingkungan kerja. Tak perlu gengsi untuk bertanya pada mereka yang telah berpengalaman. Karena yang anda butuhkan adalah memecahkan masalah dan barangkali jawaban atau nasihat mereka menjadi problem solver bagi masalah anda,


Gunakan waktu istirahat

Menggunakan waktu istirahat di sela-sela bekerja dapat me-refresh otak dan tenaga. Meregangkan persendian -utamanya leher dan punggung- akan memicu anda untuk bersemangat lagi dalam menyelesaikan pekerjaan.

Anda juga dapat memanfaatkan beragam cemilan atau minum ringan sebagai penambah tenaga. Jadi jangan lupa untuk menyediakannya dalam laci meja kerja.


Bersosialisasi

Bersosialisasi di tempat kerja sangat penting, selain untuk meningkatkan produktivitas kerja. Melakukan komunikasi yang rutin dengan karyawan lain membuat suasana di tempat kerja tidak tegang. Tentunya dengan batasan tertentu,


Ingat apa yang anda sukai

Jika stres kerja menimpa anda, ingat kembali apa menyenangkan dari pekerjaan anda, atau apa yang menyenangkan di tempat kerja anda. Kalau anda sulit memunculkannya, anda bisa gunakan hal yang menarik atau yang benar benar anda sukai di luar pekerjaan. Ini bisa mengurangi tingkat stress kerja anda.


Jangan bawa pekerjaan ke rumah

Sebelum anda pulang dari kantor, sebaiknya rencanakan dan periksa jadwal kegiatan di hari berikutnya. Jika sudah, dalam perjalanan pulang lepaskan semua hal yang berkaitan dengan tugas kantor. Fokus kepada hal yang menarik, yang akan anda lakukan sesampainya di rumah.