Apa Itu Portofolio Kerja dan Cara Buatnya

Apa Itu Portofolio Kerja dan Cara Buatnya – Untuk melamar sebuah pekerjaan, ada beberapa dokumen penting yang harus disiapkan, seperti kartu kuning, CV, portofolio kerja dan lainnya.

Membahas portofolio, sebagian pelamar kerja terkadang menganggap bahwa CV (Curriculum Vitae) sama dengan Portofolio. Padahal keduanya memiliki perbedaan berdasarkan tujuan, isi, sifat, layot, dan kegunaannya.

Dari tujuan pembuatannya, CV berfungsi memberi informasi terkait data pelamar, sedangkan portofolio justru harus menunjukkannya.

Dari isinya, CV memuat data diri, deskripsi diri, latar belakang pendidikan, pengalaman kerja dan referensi, sedangkan portofolio menunjukkan skill dan potensi anda, melalui koleksi projek atau karya yang sudah anda hasilkan.

Berdasarkan sifatnya, CV menjurus ke umum sedangkan portofolio lebih spesifik. Pada bagian layout atau tampilannya, CV disesuaikan standar meskipun hal ini tidak baku. Sedangkan portofolio cenderung mengikuti kreatifitas pembuatnya.

Dari sudut kegunaannya, CV digunakan hanya untuk melamar. Sedangkan portofolio mencakup lamaran pekerjaan, personal branding, dan hal-hal apa saja yang menonjol pada diri pembuatnya.

Itu gambaran umum mengenai perbedaaan CV dan portofolio. Lalu, apa itu portofolio kerja yang sebenanrnya. Berikut ulasannya.

 

Portofolio Kerja

Apa Itu Portofolio Kerja ?

 

Pertama, terkait makna portofolio itu sendiri yang berarti kumpulan dokumen dari seseorang, kelompok, lembaga, organisasi, perusahaan, dan sejenisnya dengan tujuan untuk mendokumentasikan perkembangan suatu proses dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Lebih jelasnya, portofolio adalah kumpulan dokumen atau tulisan yang disusun rapi dan menarik berupa hasil karya seseorang beserta perkembangannya.

Jika anda seorang content creator, maka harus menunjukkan hasil karya konten yang telah dibuat. Jika anda seorang graphics designer, maka wajib menunjukkan hasil desain yang telah anda buat.

Jadi portofolio ini disesuaikan dengan syarat dan kebutuhan yang telah ditetapkan oleh perusahaan yang dilamar.

Adanya portofolio ini akan memberikan informasi kepada perekrut untuk menilai kapasitas, kemampuan, dan hal-hal lainnya. Misalnya terkait kesulitan dalam berkarya dan kira-kira berapa waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikannya. Karena perekrut akan menilai daya tahan tubuh serta konsentrasi pelamar berdasarkan portofolio tersebut.

 

Cara Membuat Portofolio

 

Sebelum dishare cara pembuatannya, perlu digarisbawahi bahwa portofolio ini didesain sesuai kreatitifas pembuatnya, jadi tidak baku atau tidak ada standar dalam membuatnya.

 

1. Daftar isi

Tujuannya adalah memudahkan membaca karena lampiran yang anda sertakan tentu lebih dari satu. Terlebih, portofolio adalah kumpulan dokumen.

 

2. Data diri

Serupa dengan CV, perlu juga dituliskan informasi terkait identitas diri berupa usia, domisili, pendidikan terakhir, akun medsos, dan info penunjang lainnya.

 

3. Tuliskan tujuan yang ingin dicapai

Gunakan bahasa yang sederhana dan mudah dimengerti karena perekrut enggan membaca tulisan yang rumit terlebih bila menggunakan istilah-istilah.

Tujuan ini berisi visi dan misi mengapa anda layak berperan dalam perusahaan yang anda lamar.

 

4. Sertakan keterampilan dan pengalaman

Ini adalah nilai tambah bagi pelamar. Ungkapkan secara terperinci seperti di mana, kapan, dan bagaimana anda mendapatkan keterampilan dan pengalaman tersebut. Apakah dikarenakan kursus, pendidikan, dan sebab lainnya. Tuliskan dengan narasi sederhana namun padat berisi.

 

5. Lampirkan beberapa hasil karya

Ini adalah kunci dalam portofolio. Sertakan hasil karya terbaik anda sejumlah 3 atau 4 dan jelaskan makna dari karya tersebut. Tak lupa seretakan juga sertifikat penghargaan bila anda menerimanya.

 

6. Testimoni klien

Pernyataan atau kesaksian dari para klien anda merupakan hal berharga yang jangan disia-siakan. Nilai tambahnya adalah kepercayaan dari mereka bakal memperbesar perusahaan untuk merekrut anda. Karena kepercayaan adalah modal penting dalam menjalani sebuah perusahaan.