Tips Agar Wawancara Kerja Bahasa Inggris Lancar

Tips Agar Wawancara Kerja Bahasa Inggris Lancar – Meskipun bertempat di Indonesia, tidak semua interview atau wawancara kerja menggunakan bahasa Indonesia (Baca : Nih Dia Ilustrasi Interview di Perusahaan Ternama). Beberapa perusahaan atau lowongan kerja untuk posisi tertentu, pada sesi interviewnya menggunakan bahasa Inggris.

Jika anda sedang menghadapi hal ini, anda tidak perlu panik atau khawatir. Dengan persiapan yang cukup dan matang, anda pasti bisa melewatinya dengan mudah.

Berikut beberapa tips yang bisa anda lakukan sebagai persiapan untuk menghadapi interview dengan bahasa Inggris.


Tips Agar Wawancara Kerja Bahasa Inggris Lancar


Cari informasi

Untuk permulaan, anda sebaiknya cari tahu tentang perusahaan dalam Bahasa Inggris. Ini tidak hanya memberikan anda informasi yang penting tentang posisi dan perusahaan yang anda lamar, tetapi juga dapat membantu Anda dalam meningkatkan pengetahuan tentang perbendaharaan kata yang perlu disampaikan tentang perusahaan tersebut.


Coba untuk rileks

Agar kosa kata anda jelas, cobalah buat diri anda lebih tenang dan nyaman sebelum melakukan sebuah wawancara kerja. Sikap yang tenang dan nyaman akan membantu meningkatkan kepercayaan diri, dimana hal itu akan membuat sikap dan cara berbicara menjadi lebih natural dalam proses wawancara kerja.


Body Language

Selain harus memiliki kemampuan dalam berbahasa Inggris, menggunakan bahasa tubuh yang tepat merupakan hal yang penting. Hal ini akan berpengaruh dalam intonasi atau nada suara Anda. Contohnya, badan yang membungkuk biasanya memberikan nada suara yang menggambarkan kurangnya kepercayaan diri.


Siapkan Jawaban Anda

Coba tuliskanlah apa yang akan anda sampaikan mulai dari sesi perkenalan hingga jawaban-jawaban yang sekiranya akan disampaikan dalam sesi wawancara. Banyak pertanyaan dalam sebuah wawancara pada umunya sering ditanyakan sehingga dapat anda persiapkan sebelumnya.


Perhatikan Kecepatan Bicara

Selalu sesuaikan dengan tingkat kecepatan penutur asli Bahasa Inggris selama sesi wawancara. Hal ini tidak saja hanya membuat jawaban menjadi lebih jelas, tetapi juga dapat memberikan waktu yang lebih banyak untuk merumuskan sebuah jawaban ketika ingin berbicara.


Berbicaralah dengan kalimat singkat

Disamping berbicara lebih lambat, ingatlah untuk memberikan jawaban dengan kalimat yang singkat untuk mempermudah pewawancara mengerti tentang apa yang Anda sampaikan.


Tanya jika ragu

Jangan ragu untuk meminta pewawancara mengulang pertanyaannya, sehingga Anda dapat betul-betul memahami pertanyaan tersebut. Membuat jawaban yang tidak sesuai terhadap pertanyaan yang kurang dipahami akan berakibat buruk terhadap kemampuan Anda dalam memahami suatu hal. 

Related Posts