Tips Menjawab Pertanyaan Seputar Gaji

Tips Menjawab Pertanyaan Seputar Gaji - Pada proses wawancara kerja, terkadang timbul pertanyaan terkait kisaran gaji yang diinginkan. Bagi anda yang baru lulus, tentu menghadapi dilema menyebutkan nominal standar.

Memang ada perselisihan mengenai hal ini, sebagian memberikan saran untuk memberikan jawaban klasik jika di tanya pertanyaan soal gaji, yaitu  “Saya menerima besaran gaji yang sesuai dengan standar perusahaan.”

Sebagian yang lain memberikan saran untuk memberikan besaran gaji yang anda inginkan ke perusahaan, karena hal tersebut dianggap bukan masalah.

Untuk membantu anda, berikut beberapa tips yang bisa anda pakai saat mendapatkan pertanyaan soal gaji saat wawancara.

Tips Menjawab Pertanyaan Seputar Gaji


Ketahui info soal UMP atau UMR

Informasi mengenai berapa besaran UMR (Upah Minimun Regional) ataupun UMP (Upah Minimum Provinsi) akan sangat bernilai ketika bernegosiasi dengan pihak perekrut sehingga anda tahu batasan minimal dan maksimal dalam menentukan besaran gaji anda.


Isi dengan angka 0

Jika anda melamar kerja via online dan tergolong masih fresh graduate lalu dihadapkan pada kewajiban mengisi nominal gaji yang diinginkan, maka disarankan, isilah dengan angka “0”. Maknanya adalah anda menyerahkan nominal gaji pada pihak perusahaan.


Perbanyak referensi soal gaji

Jika anda telah memiliki pengalaman, kemampuan dalam bernegosisasi sangat diutamakan. Carilah referensi nominal gaji bagi karyawan yang telah berpengalaman. Sesi interview akan menggiring anda beropini berdasarkan lamanya pengalaman dan posisi yang dilamar.


Mengenal diri sendiri

Menentukan standar gaji belum tentu menunjukkan sikap arogan kepada pihak perekrut, namun menjadi bahan pertimbangan bagi mereka karena kemampuan dan pengalaman anda.

Sebutkan nominal yang masuk akal agar pihak perusahaan menganggap bahwa merekrut anda adalah hal yang aman dan efektif bagi mereka.

Namu  jauh sebelum itu, anda harus mengenai diri anda sendiri (Baca : Cara Menentukan Gaji yang Cocok Buat Anda)