10 Tips Jitu Mendapatkan Karir Cemerlang Setelah Lulus Kuliah

Tips Jitu Mendapatkan Karir Cemerlang Setelah Lulus Kuliah - Lulus kuliah dari sebuah universitas atau perguruan tinggi tentu menjadi euforia tersendiri bagi mahasiswa. Namun, perjalanan tidak berhenti sampai situ, mendapatkan pekerjaan dan karir yang cemerlang menjadi tahapan selanjutnya yang harus dipikirkan oleh para fresh graduate.

 

Perlu strategi jitu untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan ilmu, kemampuan, dan daya pikat pribadi.

 

Berikut ini akan dishare beberapa strategi terbaik khusus bagi mahasiswa yang baru lulus kuliah yang dirujuk dari Study International, untuk mendapatkan mendapatkan karir cemerlang.

 

Tips Jitu Mendapatkan Karir Cemerlang Setelah Lulus Kuliah

Tips Jitu Mendapatkan Karir Kerja yang Cemerlang Setelah Lulus Kuliah

 

Mendapatkan Nilai Terbaik

 

Nilai bagus memang bukan jaminan langsung mendapatkan pekerjaan. Namun kualifikasi awal dalam lowongan kerja biasanya meminta nilai IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) yang lumayan tinggi, khususnya lowongan kerja dari perusahaan ternama.

 

Oleh karena itu, berusahalah yang keras untuk mendapatkan nilai kelulusan yang terbaik. Nilai terbaik semasa kuliah bisa memudahkan anda untuk mendapatkan pekerjaan di perusahaan-perusahaan yang memang anda incar sebelumnya.

 

 

Membuat Catatan

  

Catatan yang dimaksud berisi informasi mengenai ilmu atau keterampilan yang anda dapatkan di masa perkuliahan. Interviewer biasanya akan menanyakan hal tersebut, dan akan menjadi nilai positif jika anda bisa menjawabnya dengan praktis.

 

Anda bisa menyusun catatan mengenai aktifitas dan keterampilan yang anda peroleh semasa kuliah sedini mungkin dan dalam bentuk portofolio.

 

 

Aktif Dalam Kegiatan Kampus

 

Kegiatan ini menjadi peluang bagi anda untuk dianggap sebagai orang yang mampu berinteraksi sosial dengan baik kepada sesama karyawan jika memang nantinya diterima di perusahaan yang anda lamar.

 

Selain itu, faktor kepemimpinan juga menjadi daya tarik bagi perusahaan karena organisasi mengajarkan tentang seluk beluk cara memimpin sebuah kelompok. Karir cemerlang bisa anda dapatkan bila telah terbiasa dalam memimpin.

 

 

Mendengarkan Nasihat Terkait Karir

 

Setelah masa sidang selesai dan dalam tahapan menunggu kelulusan, datangilah bursa-bursa kerja di kampus untuk mendapatkan informasi terkait apa dan bagaimana bila bergabung di perusahaan-perusahaan tersebut.

 

Data yang anda dapatkan kemudian dipelajari sebagai persiapan mengikuti tahapan awal seleksi penerimaan karyawan baru sebuah perusahaan.

 

Tidak ada salahnya jika anda melakukannya di tahun pertama masa kuliah anda.

 

 

Menjadi Sukarelawan

 

Menjadi filantropis atau bergelut di bidang kerelawanan bisa menjadi solusi untuk mendapatkan pengalaman dan jam kerja. Lembaga filantropi akan mendidik anda dari nol hingga mandiri guna menerjemahkan dan mengeksekusi program-program mereka.

 

Perusahaan akan menjadikan ini sebagai nilai tambah dengan asumsi bahwa anda memiliki sikap sosial yang tinggi kepada yang lainnya. Sebagaimana poin 4, sukarelawan juga diajarkan metode memimpin sehingga bila anda pernah berada dalam posisi ini, karir tertinggi bisa didapatkan karena faktor kepemimpinan tersebut.

 

 

Manfaatkan Jaringan

 

Pemanfaatan jaringan dimulai dari kampus. Anda bisa bertanya kepada alumni maupun dosen mengenai informasi dunia kerja.

 

Menghadiri bursa kerja dengan bertanya kepada HRD perusahaan yang terlibat bisa memberikan banyak info terkait pemenuhan kebutuhan karyawan baru, seluk beluk aktivitas perusahaan tersebut, dan lainnya.

 

Kadang kadang untuk mendapatkan sebuah pekerjaan, yang anda butuhkan adalah “seseorang” yang anda kenal.

 

 

Memahami Pasar Kerja yang Diminati

 

Perlu dipahami bahwa untuk memilih pekerjaan hendaknya disesuaikan dengan hasrat pribadi, jangan mengikuti arus teman-teman kampus karena tentunya keinginannya berbeda-beda.

 

Ada di antara mereka yang ingin mencari pengalaman kerja saja, ada yang memang ingin tetap di perusahaan yang dilamar hinga pensiun, dan bahkan ada yang cuma iseng ingin mendapatkan pengalaman wawancara kerja saja.

 

Jika sudah menetapkan pilihan bidang dan posisi yang ingin dilamar, maka carilah perusahaan terbaik dengan teliti baik terkait jadwal penerimaan pegawai baru, posisi, maupun nominal gaji dan durasi kerja yang ditawarkan.

 

 

Pengalaman Kerja

 

Tidak sedikit mahasiswa yang mengisi waktu luangnya dengan bekerja paruh waktu. Pengalaman kerja tersebut akan menjadi modal berharga saat anda melamar pekerjaan pada sebuah perusahaan.

 

 

Kepercayaan Diri

 

Wajib bagi para pencari kerja untuk memiliki kepercayaan diri karena berimbas pada cara anda berinteraksi.

 

Melatih diri dengan bercakap-cakap bersama orang yang belum dikenal akan menambah wawasan baru dan meningkatkan cara bicara secara formal karena hal inilah yang dibutuhkan saat bekerja nanti.

 

 

Cepat Beradaptasi

 

Perlu diketahui bahwa ada kemungkinan pihak perusahaan akan melakukan bongkar pasang posisi pekerjaan. Bila anda seorang yang mampu beradaptasi dengan baik dan cakap (terampil) maka pemindahan posisi atau jabatan baru tidak akan berpengaruh banyak.

 

Maka banyaklah bersosialisasi dengan lingkungan baru, hal ini dapat meningkatkan kemampuan adaptasi anda dan nantinya akan menjadi modal anda dalam melakukan pekerjaan yang memiliki mobilitas tinggi.